Catatan Akhir Sekolah

   Bulan juli 2022 merupakan hari pertama saya masuk sebagai siswa SMK Negeri 1 Pati, pada saat itu sekolah dilaksanakan secara daring, saya mengikuti pembelajaran secara daring dengan semangat, karena bisa keterima di jurusan yang sebelumnya saya inginkan. Selang beberapa waktu, ada pengumuman dari sekolah bahwa pembelajaran akan dilaksanakan secara luring, pada saat itu saya takut karena harus bertemu dengan teman-teman sekelas. Tapi ternyata itu hanya ketakutan semata, waktu sampai kelas pertama kali, saya sangat bersyukur karena disambut baik dengan beberapa teman. Kelas X merupakan masa dimana saya harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru, karena mulai dari jenjang TK sampai SMP saya merupakan lulusan dari madrasah, dan saya sangat bisa merasakan perbedaannya. Cukup susah bagi saya untuk beradaptasi di lingkungan yang baru, tetapi saya bersyukur karena bisa melewati itu semua dan bisa bertahan sampai sekarang.

   Di kenaikan kelas 11, saya bilang ke orang tua kalau ingin pindah sekolah, karena kurang cocok dengan lingkungannya. Tetapi setelah mendapatkan banyak masukan dari berbagai pihak, saya mempertimbangkan kembali dan meminta petunjuk kepada yang maha kuasa, akhirnya saya memutuskan untuk bertahan di SMK Negeri 1 Pati. Di kelas 11 semester 2 merupakan waktu dimana saya melaksanakan PKL di ADA Swalayan Pati. Pada saat itulah saya merasa frustasi dan merasa salah mengambil keputusan, karena awal menjadi anak PSG di ADA saya sudah merasa tidak nyaman dengan lingkungan di sana. tetapi seiring berjalannya waktu, ketika saya dipindah di counter lain, saya mulai nyaman dan enjoy ketika PKL di ADA.

   3 bulan berlalu, PKL selesai dan kembali melanjutkan pembelajaran di sekolah, saya senang karena menurut saya lebih enak sekolah dari pada PKL. Setelah 3 bulan lagi berlalu, akhirnya tiba masanya untuk PKL periode ke 2. Di periode ke 2 saya bisa langsung merasa enjoy, karena saya bersyukur mendapatkan di lingkungan yang sama seperti sebelumnya, yang membuat saya nyaman. Di periode ke 2 ini saya mendapatkan banyak pengalaman, pembelajaran dan motivasi dari kakak kakak yang ada di ADA, saya sangat bersyukur bisa mendapatkan itu semua. Setalah 3 bulan berlalu PKL selesai, saya merasa sedih karena ngga bisa membantu kakak kakak baik yang ada di counter nonfood lagi, tetapi saya juga merasa senang karena sudah kembali ke sekolah untuk mengikuti pembelajaran.

   Di kelas XII semester 1 saya merasakan kekompakan pada kelas, meskipun cuma beberapa karena yang lain masih PKL, tapi saya merasa tahap 1 saat itu sangat kompak dan seru. Tapi itu tidak bertahan lama karena suatu hal, saya cukup menyayangkan karena kekompakan cuma terjadi sebentar. Setelah 3 bulan berlalu yang PKL tahap 2 pun kembali ke sekolah, dan akhirnya member kelas lengkap seperti sekarang.


Kesimpulan dari cerita di atas yaitu bertahanlah selagi masih mampu bertahan, dan pahami apa konsekuensi yang akan didapatkan jika memutuskan sesuatu hal, sehingga apabila suatu saat menyesal dengan keputusan tersebut, setidaknya kamu sudah memiliki bayangan bagaimana konsekuensinya.



   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejauh mana sih yang kalian ketahui tentang emping jagung?

Cara Membuat Emping Jagung Gurih Pedas Manis, Camilan Tradisional Cocok Untuk Sajian Saat Lebaran